• Kamis, 7 Juli 2022

Belum Ada Izin ASIX Milik Anang Hermansyah Dilarang, Pelajari Apa Itu Token Kripto Sebelum Investasi

- Senin, 14 Februari 2022 | 15:00 WIB
Membandingkan koin kripto seperti bitcoin dan emas
Membandingkan koin kripto seperti bitcoin dan emas

 

VIEWS, JAKARTA - Aset kripto milik Anang Hermansyah yakni token kripto ASIX, sepanjang pekan lalu ramai. Pasalnya, Badan Pengawas Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menyatakan bahwa aset digital ASIX tersebut tidak bisa diperdagangkan karena belum ada izin di Indonesia.

"Dapat kami sampaikan bahwa token ASIX dilarang untuk diperdagangkan karena tidak termasuk dalam 229 aset kripto yang boleh diperdagangkan dalam transaksi aset kripto di Indonesia sesuai Peraturan Bappebti Nomor 7 tahun 2020," tulis Bappebti lewat akun Twitter @InfoBappebti.

Baca Juga: OJK Larang Fasilitasi Perdagangan Kripto, Pengamat Protes Kok Dilarang 

Lantas, apa itu token kripto?

Perlu diketahui sebelumnya, terdapat perbedaan antara “koin” dan “token” kripto . Semua koin bisa dianggap sebagai token tetapi tidak semua tokep dianggap sebagai koin kripto.

Koin biasanya berasal dari blockchain dan digunakan untuk memperdagangkan mata uang dan menyimpan nilai. Token sangat mirip, tetapi cenderung menggunakan blockchain koin lain, misalnya Ethereum.

Melansir Investopedia, token kripto mengacu pada token mata uang digital yang menggunakan kriptografi sebagai jaminannya. Kriptografi sendiri, dipahami sebagai metode yang dipakai sebagai pelindung informasi dan saluran komunikasi berupa kode-kode. Dengan kriptografi ini, segala transaksi yang menggunakan token atau mata uang kripto tidak bisa dimanipulasi.

Token kripto ini, biasanya dibuat, didistribusikan, hingga dijual melalui proses penawaran koin awal standar (ICO). Yang mana melibatkan proses crowdfunding untuk keperluan pendanaan suatu proyek tertentu. Sementara cara kerja token kripto, sebagaimana dikutip dari U.S. News Money, yakni mengacu pada enkripsi algoritma dan teknik kriptografi itu sendiri.

Baca Juga: Investasi Kripto Tapi Bingung Cara Menghitung Keuntungan, Ini Langkahnya

Halaman:

Editor: Silfa Utami

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lima Fakta Bank BRI Mampu Cetak Laba Rp 32,22 triliun

Kamis, 3 Februari 2022 | 14:07 WIB

Terpopuler

X