• Kamis, 7 Juli 2022

Hujan Lebat Disertai Kilat Diprediksi Akan Terjadi di Indonesia, Ini Kata BMKG

- Senin, 21 Februari 2022 | 12:48 WIB
Ilustrasi aman berkendaraa saat hujan (pexels-photo-763398-Genaro Servin)
Ilustrasi aman berkendaraa saat hujan (pexels-photo-763398-Genaro Servin)

 

VIEWS, JAKARTA - Hujan lebat disertai kilat dan angin kencang diprediksi akan terjadi disejumlah wilayah di Indonesia hal ini berdasarkan keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Senin 21 Februari 2022.

BMKG memantau adanya sirkulasi siklonik di Samudra Hindia barat daya Banten yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Samudra Hindia barat Bengkulu-barat daya Banten. Sirkulasi siklonik lainnya terpantau di utara Papua Barat dan di Laut Arafuru sebelah selatan Kepulauan Tanimbar.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang di Jawa Timur, dari Kalimantan Utara hingga Sulawesi bagian utara, di Sulawesi bagian tengah, di Laut Banda, di Papua Barat dan Papua.

Baca Juga: Hujan Lebat Diperkirakan BMKG Terjadi Dibeberapa Wilayah Indonesia, Ini Daftar Daerahnya

Daerah pertemuan angin (konfluensi) lainnya terdapat di NTB, NTT, Laut Flores, Laut Banda, Laut Maluku, Laut Halmahera, Laut Seram, Maluku Utara, Maluku, dan Sulawesi bagian selatan.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi dan konfluensi tersebut.

Baca Juga: Waspada, BMKG Rilis Hujan Lebat Diperkiraakan Guyur di Beberapa Kota di Indonesia

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada hari Senin adalah Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Bagi warga yang ingin berolahraga dan berjemur di pagi hari antara pukul 07.00-10.00 WIB, wilayah yang cerah adalah Bandarlampung dan Surabaya. Sedangkan wilayah dengan cuaca cerah berawan di Banda Aceh, Medan, Padang, Pangkalpinang, Serang, Bandung, Yogyakarta, Pontianak, Banjarmasin, Sorong dan Jayapura.***

Halaman:

Editor: Silfa Utami

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lima Fakta Bank BRI Mampu Cetak Laba Rp 32,22 triliun

Kamis, 3 Februari 2022 | 14:07 WIB

Terpopuler

X