• Kamis, 7 Juli 2022

Waduh Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Mulai 26 Februari 2022

- Rabu, 23 Februari 2022 | 19:14 WIB
Ilustrasi jalur tol, PT Jasa Marga (Persero) akan menaikan tarif tol mulai 26 Februari 2022 (pexels-photo-593172-Taras Makarenko)
Ilustrasi jalur tol, PT Jasa Marga (Persero) akan menaikan tarif tol mulai 26 Februari 2022 (pexels-photo-593172-Taras Makarenko)

 

VIEWS, JAKARTA - Bagi Anda yang lebih sering menggunakan jalur tol dalam kota di Jakarta, bersiap - siap mengeluarkan kocek lebih ketimbang sebelumnya, sebab PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan memberlakukan penyesuaian tarif Tol Ruas Dalam Kota Jakarta mulai Sabtu 26 Februari 2022 Pukul 24.00 WIB.

Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Head Raddy R. Lukman mengatakan bahwa penyesuaian tarif tol pada jalan Tol Dalam Kota, yaitu ruas Cawang-Tomang-Pluit yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit yang dikelola oleh PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) Tbk akan mulai diberlakukan pada 26 Februari 2022, pukul 24.00 WIB.

"Penyesuaian tarif ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 74/KPTS/M/2022 tanggal 31 Januari 2022 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Cawang-Tomang-Pluit dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit (Jalan Tol Dalam Kota)," ujar Raddy dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu, 23 Februari 2022. 

Baca Juga: Tewas saat Kecelakaan di Tol Jombang, Polisi Temukan KTP Milik Vanessa Angel di Mobil, Anaknya Dilarikan ke RS

Sementara itu, Direktur CMNP Hasyim mengatakan bahwa pihaknya secara terus menerus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan baik dari transaksi di gerbang tol, pelayanan lalu lintas maupun peningkatan kualitas jalan.

"Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan serta memberikan rasa nyaman dan aman bagi pengguna jalan. CMNP juga berencana untuk menambah sejumlah unit CCTV di sepanjang ruas Tol Wiyoto Wiyono guna meningkatkan point of view petugas sentral komunikasi agar dapat memberikan respons lebih cepat di jalan tol," kata Hasyim.

Penyesuaian tarif tol telah diatur dalam Pasal 48 ayat (3) Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Pasal 68 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol dengan perubahan terakhir pada PP Nomor 17 Tahun 2021. Berdasarkan regulasi tersebut, evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi. Adapun penyesuaian tarif Jalan Tol Dalam Kota Jakarta berdasarkan pada inflasi periode periode 1 November 2019 hingga 30 November 2021 sebesar 3,03 persen.

Baca Juga: Merinci Penemuan Jasa Wanita di Tol Sedyatmo, Pelaku Diancam 3 Tahun Penjara dan Denda Rp 75 juta

Penyesuaian tarif ini juga diperlukan sebagai wujud kepastian pengembalian investasi bagi Badan Usaha Jalan Tol sesuai Business Plan, membangun dan menjaga iklim investasi jalan tol di Indonesia yang kondusif, serta menjaga dan meningkatkan level of services jalan tol.

Halaman:

Editor: Mauliana Noor

Sumber: Petualangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X