• Jumat, 20 Mei 2022

Ini Tiga Cara Efektif Atasi Kelelahan Selama Work from Home

- Selasa, 7 September 2021 | 01:52 WIB
Bekerja dari rumah bikin kelelahan
Bekerja dari rumah bikin kelelahan

JAKARTA, VIEWS - Jutaan orang  mencoba mengelola bekerja dari rumah sembari menerapkan pedoman kesehatan. Namun, pandemi ternyata juga dapat mengakibatkan kelelahan.

Dengan vaksinasi naik dan kasus Covid-19 turun, banyak orang bersemangat merencanakan aktivitas normal. Bahkan sebagian sudah mulai bersiap liburan hingga melepas masker.

Sayangnya, varian delta yang sangat menular, telah menghancurkan harapan itu. “Fase kedua pandemi lebih buruk daripada yang pertama karena banyak orang berharap, dan bersiap-siap untuk beraktivitas normal,” ujar Laura Pendergrass, Ph.D seorang psikolog industri.

Menurut survei, sekitar 86% pekerja yang bekerja dari rumah mengatakan bahwa mereka telah mengalami banyak kelelahan.

Berikut ini kiat terbaik untuk melawan kelelahan saat bekerja dari rumah:

Luangkan waktu untuk mengisi ulang tenaga
Pandemi Covid-19 hampir tidak memberikan waktu istirahat cukup. Penelitian dari Tim NordVPN menunjukkan karyawan yang WfH mendapat 2,5 jam kerja tambahan setiap hari.

Anda disarankan meluangkan waktu satu jam setiap hari menjauh dari layar komputer dan melakukan aktivitas yang disukai. "Jika Anda bekerja dari rumah, terutama selama 18 bulan, pekerjaan dapat merembes ke seluruh sudut kehidupan Anda. "Istirahat membantu kita menyesuaikan kembali keseimbangan kehidupan kerja," ujar Pandergrass.

Mulailah dengan daftar kegiatan yang meningkatkan mood Anda dan sisihkan waktu dalam jadwal Anda.

Tulis ulang daftar tugas Anda
Menghadapi daftar tugas yang tak ada habisnya di tempat kerja dan di rumah hanya akan menumpuk stres yang tidak perlu. Persiapkan apa yang menjadi sasaran jangka pendek daftar tugas Anda.

Membuat daftar tidak hanya membantu kita menavigasi kekacauan hidup, tetapi juga dapat membantu mengatasi kecemasan. Serta memperbarui rasa tujuan kita.

Menangani proyek baru
Kelelahan tidak hanya terjadi ketika kita kewalahan, namun juga dapat dirasakan ketika kita merasa tidak cukup.Pekerja mungkin merasa mereka tidak melakukan sesuatu yang benar-benar berdampak. Seperti tidak ada garis akhir yang jelas yang bisa mereka lewati.

Untuk mencegah kelelahan, pekerja perlui merenungkan apa yang dapat mereka lakukan untuk memperbarui rasa harapan dan hak pilihan mereka dalam pekerjaan mereka saat ini.

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Bahaya untuk Pencernaan, Stop Makan Sambil Berdiri

Senin, 25 April 2022 | 12:26 WIB

Puasa Jangan Lewatkan Sahur, Ini Pesan Ahli Gizi

Rabu, 30 Maret 2022 | 12:44 WIB

Beginilah Kiat Mengelola Stres yang Berkepanjangan

Jumat, 11 Maret 2022 | 08:00 WIB

Bertambah Usia, Ayo Olahraga Rutin Banyak Manfaatnya Loh

Selasa, 22 Februari 2022 | 07:00 WIB

Terpopuler

X