• Selasa, 4 Oktober 2022

Cakep! Kini Ada Angkutan Wisata Gratis untuk Keliling Banyuwangi, Ini Daftar Rutenya

- Senin, 27 September 2021 | 10:08 WIB
Salah satu tempat wisata Banyuwangi, Pulau Merah. (dok. Banyuwangi Tourism)
Salah satu tempat wisata Banyuwangi, Pulau Merah. (dok. Banyuwangi Tourism)

VIEWS, BANYUWANGI - Kabar baik bagi Anda yang gemar travelling dan berencana akan berwisata ke Banyuwangi. Kini, para penikmat tempat pariwisata di Banyungai bisa keliling gratis ke destinasi wisata yang ada. Pemkab Banyuwangi resmi meluncurkan angkutan pariwisata gratis untuk menuju ke tempat-tempat pariwisata.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi Dwi Yanto mengatakan, angkutan wisata ini dibuat untuk memudahkan wisatawan yang berkunjung ke sejumlah objek wisata di Banyuwangi.

Baca Juga: Jatuh di Selokan , Bocah Aguero Ondang asal Manado Berhasil Ditemukan Tak Bernyawa"Lokasi wisata yang dimaksud telah terverifikasi penerapan protokol kesehatan oleh tim Dinas Kebudayaan dan Pariwisata," ujarnya, Minggu 26 September 2021. Dinas Perhubungan menyiapkan dua armada bus yang masing-masing berkapasitas 21 orang beroperasi setiap Sabtu dan Minggu. Pemberangkatan ke semua rute diawali dari Terminal Brawijaya Banyuwangi.

Baca Juga: Mau ke Tangkahan? Siapkan Tujuh Hal Ini Yah, Fisik dan Uang Harus CukupAdapun rute bus dimulai dari Terminal Brawijaya- Bandara-Pulau Merah, Dusun Kakao Glenmore, wisata de Djawatan dan berakhir kembali di Terminal Brawijaya. Sedangkan rute kendaraan Elf dimulai dari Terminal Brawijaya-Kawah Ijen/Paltuding-Bangsring Underwater-Waduk Sidodadi-Terminal Brawijaya.

Untuk bisa mengakses angkutan wisata gratis ini, wisatawan bisa mendaftar melalui link https://banyuwangitourism.com/jalan-jalan/.

Aktivasi angkutan gratis ini dimulai dari 18 September 2021, dan direncanakan akan berakhir hingga pertengahan Desember 2021. Meski telah membuka pariwisata, namun tidak semua destinasi dibuka.

Untuk sementara terdapat 15 destinasi yang dibuka, dari 64 destinasi yang ada di Banyuwangi. Ini berdasarkan hasil dari survei asosiasi pariwisata dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat.

Lima belas destinasi tersebut mayoritas wisata alam, di antaranya Kawah Ijen, Pulau Merah, Alas Purwo, Sukomade, Grand Watudodol, Desa Wisata Tamansari, Bangsring Underwater, De-Djawatan, Pantai Cacalan, Pantai Cemara, Pantai Mustika, Teluk Hijau, dan lainnya.

"Mereka bisa memilih destinasi wisata tujuan, beserta tanggal dan waktu keberangkatan. Namun, semua jadwal dan rute menyesuaikan kuota pendaftar dan permintaan dari pemohon," papar Yanto.

Halaman:

Editor: Maulina Siregar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X