• Jumat, 27 Januari 2023

Kenali Lima Gejala Omicron Meski Sudah Vaksinasi Covid 19 Lengkap

- Selasa, 18 Januari 2022 | 10:06 WIB
Ilustrasi, Pemerintah Indonesia memprediksi terjadi puncak kasus Covid 19 Omicron pada Februari sampai Maret (pexels-photo-3936358-Miguel A padrinan)
Ilustrasi, Pemerintah Indonesia memprediksi terjadi puncak kasus Covid 19 Omicron pada Februari sampai Maret (pexels-photo-3936358-Miguel A padrinan)

VIEWS, JAKARTA - Kendati sudah melakukan vaksinasi lengkap ternyata belum menjamin tidak terinfeksi Covid-19 varian Omicron yang terbukti lebih mudah menular daripada varian sebelumnya. Untungnya jika sudah vaksinasi Covid - 19 kekebalan tubuh meningkat sehingga gejala yang muncul tidak terlalu berat.

Profesor Tim Spector, yang mengepalai ZOE Covid Symptom Study di Inggris, mengungkap ada lima gejala khas Omicron yang muncul pada orang yang divaksinasi lengkap. Umumnya gejala tersebut lebih ringan dibandingkan dengan Delta dan pendahulunya.

"Kembali pada tahun 2020, dengan cepat menjadi jelas bahwa versi asli dan Alpha dari virus corona menyebabkan tiga gejala yang sangat umum, batuk, demam, dan kehilangan penciuman - serta setidaknya 20 lainnya," tulis Profesor Tim Spector di newsGP dilansir views.id dari Tempo pada Selasa 18 Januari 2022.

Baca Juga: Waspada, Puncak Omicron di Indonesia Diperkirakan pada Februari dan Maret, Kata Luhut

Profesor Spector adalah ilmuwan utama di ZOE Covid Study yang telah memantau pergerakan pandemi melalui jutaan pengguna aplikasi.

"Ketika Delta muncul, kami kemudian melihat pergeseran gejala yang paling sering dilaporkan," katanya.

Menurut dia, gejala yang sebelumnya umum seperti sesak napas, demam dan kehilangan penciuman turun peringkat. "Gejala seperti demam, termasuk pilek, sakit tenggorokan dan bersin terus-menerus, menjadi lebih umum, bersama dengan sakit kepala dan batuk, terutama pada orang yang telah divaksinasi."

Baca Juga: Tetap Waspada, Sudah Divaksinasi Bisa Tertular Varian Omicron Loh..

Menurut Spector, Omicron tampaknya melanjutkan tren yang ditetapkan Delta. Varian ini menyebabkan gejala yang lebih mirip pilek biasa, terutama pada orang yang telah divaksinasi, dan lebih sedikit gejala sistemik umum, seperti mual, nyeri otot, diare, dan ruam kulit.

Halaman:

Editor: Mauliana Noor

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bahaya untuk Pencernaan, Stop Makan Sambil Berdiri

Senin, 25 April 2022 | 12:26 WIB

Puasa Jangan Lewatkan Sahur, Ini Pesan Ahli Gizi

Rabu, 30 Maret 2022 | 12:44 WIB

Beginilah Kiat Mengelola Stres yang Berkepanjangan

Jumat, 11 Maret 2022 | 08:00 WIB

Terpopuler

X