• Sabtu, 10 Desember 2022

Indonesia Masuk Urutan Nggak Yah? Inilah 10 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia

- Rabu, 9 Februari 2022 | 07:00 WIB
Osaka Jepang masuk dalam 10 negara dengan biaya hidup tinggi (pexels-photo-2070033-Satoshi Hirayama)
Osaka Jepang masuk dalam 10 negara dengan biaya hidup tinggi (pexels-photo-2070033-Satoshi Hirayama)

VIEWS, JAKARTA - Kendati harga sejumlah kebutuhan di Indonesia meningkat, namun untuk biaya hidup di Indonesia tidak semahal sejumlah negara di dunia lainnya.

“Selama tahun mendatang, kami memperkirakan biaya hidup akan meningkat lebih lanjut di banyak kota karena kenaikan upah di banyak sektor. Namun, kami juga mengharapkan bank sentral menaikkan suku bunga, dengan hati-hati, untuk membendung inflasi. Jadi, kenaikan harga harus mulai moderat dari level tahun ini,” kata Kepala Biaya Hidup Seluruh Dunia di Unit Intelijen Ekonomi (EIU), Upasana Dutt, dikutip dari TravelandLeisure.

Laporan EIU yang sama berjudul Worldwide Cost of Living (WCOL) membandingkan lebih dari 400 harga individu pada lebih dari 200 produk dan layanan di 173 kota untuk menentukan kota termahal di dunia. Harga dikonversi ke dolar AS dan dibandingkan dengan kota dasar survei, New York City, yang diberi skor indeks 100.

Baca Juga: Sudah Vaksin Booster? Ini Daftar Negara yang Bolehkan Pelancong Asing

Berkat data mereka, seseorang dapat melihat bagaimana biaya hidup di kota-kota besar AS dibandingkan dengan kota internasional seperti Paris dan Hongkong. Berikut data kota termahal di dunia menurut EIU pada 2021 dilansir views.id pada Selasa 8 Februari 2022.

Tel Aviv, Israel

Kota bermandikan sinar matahari di pantai Mediterania Israel ini menduduki peringkat teratas EIU untuk pertama kalinya. Naik dari tempatnya di nomor lima pada 2020. Kota ini menerima skor biaya hidup 106, sebagian besar karena kekuatan shekel Israel terhadap dolar Amerika Serikat. Itu juga melihat peningkatan nyata dalam harga bahan makanan dan transportasi pada 2021.

Paris, Prancis

Selain menjadi rumah bagi Menara Eiffel, Louvre, dan Champs-Élysées yang berkilauan, ibu kota ikonik Prancis ini juga merupakan kota termahal kedua di dunia, dengan peringkat biaya hidup 104. Paris turun dari nomor satu ke nomor dua pada 2021.

Halaman:

Editor: Mauliana Noor

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X