• Jumat, 20 Mei 2022

Beginilah Kiat Mengelola Stres yang Berkepanjangan

- Jumat, 11 Maret 2022 | 08:00 WIB
Ilustrasi kiat mengelola stres (pexels-photo-2128817-David Garrison)
Ilustrasi kiat mengelola stres (pexels-photo-2128817-David Garrison)

VIEWS, JAKARTA - Stres sangat umum dialami, terutama di masa pandemi. Kondisi ini dapat ditandai dengan jam tidur tak teratur, perasaan terisolasi, sering sakit kepala, kenaikan atau penurunan berat badan yang tiba-tiba, mudah marah, sulit berkonsentrasi, sulit beraktivitas harian, sampai ketergantungan pada obat maupun alkohol secara berlebihan.

Merangkum Sutter Health di alamat sutterhealth.org dilansir views.id pada Kamis 11 Maret 2022, berikut 8 kiat mengelola stres yang patut dicoba:

Menyeimbangkan pekerjaan dan rumah
Seimbangkan antara waktu bekerja dan rumah. Lakukan pekerjaan sesuai porsi dan jam kerja. Sebisa mungkin menghindari membawa pekerjaan ke rumah, karena hanya akan menambah beban, dan merusak jam istirihat di rumah.

Baca Juga: Cara Ampuh Hilangkan Stres, Kumpul Yuks sama Sahabat

Olahraga secara teratur
Menggerakkan tubuh secara teratur membantu menyeimbangkan sistem saraf, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengeluarkan hormon stres. Bahkan, berjalan kaki 20 menit setiap hari dapat membuat emosi seseorang lebih baik, dibanding mereka yang tidak melakukannya.
Makan dengan baik dan membatasi konsumsi alkohol

Alkohol, nikotin, dan kafein untuk sementara memang dapat menghilangkan stres, tetapi dalam jangka panjang memiliki dampak pada kesehatan dan mampu memperburuk stres. Sebagai gantinya, lakukan pola makan sehat dan teratur, seperti mengkonsumsi banyak buah dan sayuran organik, menghindari makanan olahan dan gula, serta banyak minum air putih.

Meluangkan waktu untuk mengobrol
Berbicara tatap muka dengan orang lain mampu melepaskan hormon yang berkaitan dengan pengurangan stres. Sebab itu berbicara dengan orang yang mampu mendengarkan baik bagi kesehatan mental.
Meluangkan waktu untuk hobi
Meluangkan waktu untuk mengerjakan hobi dapat memberi kesenangan dan kegembiraan, sehingga membantu penurunan stres.

Baca Juga: Lebih dari 50 Persen Pilot Stres, Akibat Pandemi dan Menganggur
Melakukan relaksasi
Relaksasi membantu mengurangi stres dengan mengaktifkan keadaan tenang, dan mengimbangi hormon dalam tubuh. Seseorang bisa melakukan satu dari berbagai jenis relaksasi, di antaranya yoga dan teknik pernafasan.

Tidur yang cukup
Orang yang cukup tidur malam 7 sampai 8 jam setiap hari lebih mungkin mentolerir stres dibanding mereka yang tidak mendapat cukup tidur. Apabila Anda mengalami gangguan tidur, segera cari akar masalahnya, atau konsultasikan dengan penyedia layanan medis.
Membangun ikatan dengan hewan peliharaan
Studi klinis menunjukkan bahwa menghabiskan waktu yang singkat dengan hewan peliharaan dapat mengurangi tingkat kecemasan dan stres.***

Halaman:

Editor: Mauliana Noor

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bahaya untuk Pencernaan, Stop Makan Sambil Berdiri

Senin, 25 April 2022 | 12:26 WIB

Puasa Jangan Lewatkan Sahur, Ini Pesan Ahli Gizi

Rabu, 30 Maret 2022 | 12:44 WIB

Beginilah Kiat Mengelola Stres yang Berkepanjangan

Jumat, 11 Maret 2022 | 08:00 WIB

Bertambah Usia, Ayo Olahraga Rutin Banyak Manfaatnya Loh

Selasa, 22 Februari 2022 | 07:00 WIB

Terpopuler

X