• Selasa, 4 Oktober 2022

Ini Penyebab Masalah Kulit Menggunakan Masker, Bukan Hanya Jerawat

- Rabu, 30 Maret 2022 | 12:39 WIB
Memilih produk skin care yang tepat selama mengenakan masker (Inside Self Storage)
Memilih produk skin care yang tepat selama mengenakan masker (Inside Self Storage)

VIEWS, JAKARTA - Meskipun jerawat orang dewasa bukanlah sesuatu yang baru, semakin banyak orang dewasa yang melewati masa remaja mereka mengalami jerawat, dan kemungkinan besar karena memakai masker wajah. Pemakaian masker bagian penting dalam mengendalikan penyebaran virus corona, namun ahli sepakat bahwa mereka telah melihat penyebab jerawat terkait masker, yang disebut maskne.

Sementara jerawat dagu adalah masalah yang berkembang, penting juga untuk dicatat bahwa jerawat bukan satu-satunya kondisi kulit yang dapat disebabkan oleh masker. Dokter kulit Robert Schaffran menambahkan bahwa dermatitis iritasi (seperti eksim) dapat muncul menyebabkan kemerahan, dan pengelupasan.

Baca Juga: Varian Omicron Sudah Ada di Indonesia, Ini Jenis Masker yang Harus Dihindari

Selain itu, dermatitis perioral, yang terlihat seperti benjolan merah di sekitar hidung, mulut, dan terkadang di bawah mata, dapat terjadi karena masker tidak dapat menyerap keringat, tambah dokter kulit medis dan kosmetik Heather Richmond. Pastikan untuk menemui dokter kulit Anda jika Anda mengalami masalah kulit terkait masker yang tidak dapat Anda kendalikan sendiri untuk perawatan terbaik.

Berikut ini gejala, pencegahan dan perawatan maskne

1. Gejala maskne

Kulit Anda secara alami menumpuk keringat dan minyak sepanjang hari, dan memasangkannya dengan kelembapan dari pernapasan ke dalam masker dan masker yang menggosok kulit Anda, dan Anda kemungkinan akan mengalami masalah kulit, jelas Dr. Schaffran. Masker dapat menyebabkan pH alami kulit Anda berubah, mendorong pertumbuhan bakteri dan ragi yang berlebihan, iritasi, pori-pori tersumbat, dan peningkatan jerawat, katanya.

Jika Anda menemukan area yang ditutupi oleh masker Anda — pipi bagian bawah, dagu, bibir, rahang, dan hidung — tiba-tiba kering, kemungkinan itu adalah maskne, kata Dr. Schaffran. Tergantung pada jenis kulit Anda, ini dapat muncul dengan sendirinya sebagai papula dan pustula inflamasi (jerawat kecil), kista jerawat (jerawat dalam), dan/atau komedo, kata Dr. Richmond.

Ini dapat muncul dalam kelompok atau hanya satu atau dua pada satu waktu, tambah dokter kulit Heather Rogers. Dia mencatat jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda cenderung lebih rentan terhadap whitehead dan jerawat yang lebih kecil, sementara kulit kering dan sensitif kemungkinan akan mengalami lebih banyak iritasi ruam.
Selain itu, Anda mungkin mengalami jerawat yang bahkan tidak terkait dengan masker secara khusus, tetapi hanya stres dari normal baru, kata Dr. Rogers. Jika Anda menemukan jerawat kistik yang dalam, Anda mungkin memiliki hormon Anda (khususnya, hormon stres kortisol) yang harus disalahkan, tambahnya.

Halaman:

Editor: Silfa Utami

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bahaya untuk Pencernaan, Stop Makan Sambil Berdiri

Senin, 25 April 2022 | 12:26 WIB

Puasa Jangan Lewatkan Sahur, Ini Pesan Ahli Gizi

Rabu, 30 Maret 2022 | 12:44 WIB

Beginilah Kiat Mengelola Stres yang Berkepanjangan

Jumat, 11 Maret 2022 | 08:00 WIB

Terpopuler

X