• Selasa, 4 Oktober 2022

Pemuka Agama Gus Miftah Tolak Keinginan Wasiat Dorce Gamalama Dimakamkan Sebagai Wanita

- Senin, 31 Januari 2022 | 10:15 WIB
 Gus Miftah (net)
Gus Miftah (net)

 

VIEWS, JAKARTA - Dorce Gamalama membuat surat wasiat jika dirinya meninggal agar dimakamkan secara wanita. Menurut Dorce meyakini jika dirinya sudah menjadi wanita seutuhnya setelah melakukan operasi kelamin. Hal ini diungkapkan Dorce saat menjadi bintang tamu di podcast Denny Sumargo pada Ahad, 23 Januari 2022.

“Ya sebagai saya sekarang. Karena setelah saya operasi, saya punya kelamin perempuan. Mandikan saya dengan pakaian perempuan, saya mau dimakankam sebagai perempuan,” ujar Dorce Gamalama.

Baca Juga: Dorce Gamalama Ungkap Keinginan Terakhirnya, Jika Meninggal Dunia Dimakamkan Sebagai Wanita

Pernyataan Dorce Gamalama ini pun sontak menuai reaksi para pemuka agama salah satunya adalah Gus Miftah yang menyatakan dia harus diperlakukan sesuai kodtratnya saat dilahirkan ketika meninggal nanti.

"Yang saya dengar, beliau kan terlahir sebagai laki-laki, kemudian dioperasi transgender menjadi seorang perempuan. Bagaimana kalau kondisi seperti ini?” katanya seperti dikutip dari kanal Youtube Official Nitnot pada Kamis, 27 Januari 2022 dikutip views.id pada Senin 31 Januari 2022.

Aktris senior Dorce Gamalama (https://www.views.id/gaya-hidup/pr-1741372722/dorce-tak-sadarkan-diri-langsung-dilarikan-ke-rumah-sa)

Baca Juga: Dorce Tak Sadarkan Diri, Langsung Dilarikan ke Rumah Sakit, Kini Dirawat di ICU

Menurut dia, secara fiqih, seseorang yang terlahir laki-laki harus dikebumikan sesuai kodrat saat dilahirkan. "Kalau dulu dia dilahirkan dalam keadaan laki-laki ya seyogyanya juga dimakamkan dalam keadaan laki-laki,” kata dia.

Gus Miftah menjelaskan, perlakukan jenazah laki-laki dan perempuan berbeda. Pada jenazah perempuan, ada lima lapis kain kafan sedangkan laki-laki tiga lapis saja.***

Halaman:

Editor: Mauliana Noor

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apa Itu Valentine? Inilah Sejarah dan Asal Usulnya

Sabtu, 12 Februari 2022 | 14:00 WIB

Terpopuler

X