• Sabtu, 28 Januari 2023

VIDEO: Viral! Penemuan Kuali Raksasa di Bantul, Warga Heboh

- Kamis, 2 September 2021 | 06:21 WIB
Penemuan kuali raksasa
Penemuan kuali raksasa

 

https://assets.promediateknologi.com/crop/0x0:0x0/750x500/photo/views/2021/09/VIRAL-PENEMUAN-WAJAN-RAKSASA-KUNO-DI-JAMBIDAN-BANTUL.mp4

YOGYAKARTA, VIEWS - Kuali raksasa ditemukan di Kabupaten Bantul, Yogakarta. Warga pun geger dengan penemuan wajan raksasa tersebut. Warga datang silih berganti untuk melihat langsung wajan berdiameter 2 meter ini.

Wajan raksasa  ditemukan di lapangan yang berada di Dusun Kretek Lor, Kalurahan Jambidan ini.

Wajan raksasa ini ditemukan saat alat berat melakukan penggalian sedalam 4 meter. Rencananya lokasi tersebut akan dibangun pembangunan lapangan.

Saat ditemukan, wajan masih dipenuhi tanah dan batu padas yang menempel. Beberapa bagian wajan terlihat bahannya, yakni dari logam baja berwarna hitam.

Sejumlah warga mencoba menggoyangkan wajan tersebut, namun wajan tidak bergerak sama sekali karena saking beratnya.

Lurah Jambidan, Zubaidi mengatakan, penemuan benda mirip penggorengan berukuran besar ini terjadi saat pihak kalurahan akan membangun lapangan. Beberapa backhoe didatangkan ke lokasi proyek tepatnya di Dusun Kretek Lor untuk menggali dan meratakan tanah.

"Saat menggali itulah, salah satu backhoe mendapati wajan di kedalaman 4 meter. Penemuannya Selasa sore dan sekitar jam 5 sore, wajan itu baru bisa dievakuasi," kata Zubaidi, Rabu, 1 September 2021.

Menurut dia, sejauh ini belum melakukan koordinasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta (BPCB DIY) setelah penemuan.

Sampai saat ini, benda berbahan baja ini masih berada di lokasi penemuan.

Sejumlah warga meminta agar wajan tersebut tidak dipindahkan dan tetap berada di lokasi penemuannya. Tujuannya agar wajan raksasa tersebut menjadi ikon lapangan yang akan dibangun.

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Inilah Delapan Negara yang Sudah Bebas dari Covid 19

Rabu, 23 Februari 2022 | 18:59 WIB

Terpopuler

X