• Kamis, 7 Juli 2022

Jangan Sampai Salah, Ini Produk Perawatan Kulit yang Baik Selama Mengenakan Masker

- Senin, 20 September 2021 | 12:30 WIB
Memilih produk skin care yang tepat selama mengenakan masker (Inside Self Storage)
Memilih produk skin care yang tepat selama mengenakan masker (Inside Self Storage)

 

VIEWS, JAKARTA -  Penting untuk mengetahui cara merawat kulit Anda saat Anda mengenakan masker. Terutama jika Anda memakainya selama berjam-jam. Mengenakan masker pelindung mengubah lingkungan permukaan kulit. Selama memakai masker, terjadi peningkatan panas dan kelembaban. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilik produk perawatan wajah (skin care) yang sesuai

"Selama pandemi, ketika harus mengenakan masker, maka terjadi peningkatan panas dan kelembapan yang terperangkap di kulit. Selanjutnya, mengubah mikrobioma kulit dan dapat memicu wabah jerawat dan folikulitis (kondisi kulit yang disebabkan oleh folikel rambut yang terinfeksi atau meradang),” ujar Dr SK Tan, seorang dokter umum dengan minat di bidang dermatologi dan direktur medis IDS Clinic Singapura.

Baca Juga: Sebelum Menopause,Lakukan Perawatan Ini agar Kulit Wajah Tetap Sehat dan Cantik

Untuk diketahui, mikrobioma kulit adalah ekosistem mikro-organisme , terdiri atas bakteri, virus dan jamur yang melindungi kulit dari serangan eksternal. Mikrobioma ini membantu menjaga kulit tetap sehat.

Sayangnya, ada banyak faktor yang dapat membuat mikrobioma kulit tidak seimbang. Mulai dari usia hingga hormon serta sinar UV, polusi, stres, dan bahkan pola makan Anda.

Baca Juga: Rahasia Umur Panjang: Cukup 7 Ribu Langkah Setiap Hari

Penggunaan masker menjadi salah satu faktor penyebabnya. Dengan pemakaian masker, kulit di bawah masker mengalami peningkatan tingkat panas dan kelembaban dari keringat dan napas kita, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kulit meradang yang menyebabkan berjerawat dan meningkatkan sensitivitas kulit.

"Hal yang paling penting untuk diingat adalah menyentuh masker dan/atau wajah Anda sesedikit mungkin. Tindakan  tersebut memindahkan bakteri dari masker ke kulit, yang dapat menyebabkan lebih banyak masalah kulit," ujar Dr Tan, seperti dikutip dari Channel News Asia, Senin, 20 September 2021.

Halaman:

Editor: Maulina Siregar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Delapan Negara yang Sudah Bebas dari Covid 19

Rabu, 23 Februari 2022 | 18:59 WIB

Terpopuler

X