• Sabtu, 28 Januari 2023

Jaga Kelestarian, Pemerintah Renovasi Masjid Azizi yang Dibangun 1899

- Kamis, 23 September 2021 | 13:35 WIB
Sejumlah pekerja sedang merenovasi bangunan Masjid Azizi Tanjung Pura, Sumatera Utara, Kamis 23 September 2021. Bangunan bersejarah ini sengaja diperbaiki pemerintah setempat untuk menjaga kelestariannya   (RADEN ARMAND/view.id)
Sejumlah pekerja sedang merenovasi bangunan Masjid Azizi Tanjung Pura, Sumatera Utara, Kamis 23 September 2021. Bangunan bersejarah ini sengaja diperbaiki pemerintah setempat untuk menjaga kelestariannya (RADEN ARMAND/view.id)

VIEWS, LANGKAT - Untuk menjaga kelestarian bangunan bersejarah Masjid Azizi yang dibangun 1899, bangunan masjid dilakukan renovasi, Kamis 23 September 2021. Sejumlah pekerja pun melakukan perbaikan, mulai dari kubah dan atap masjid.

Masjid Azizi adalah masjid peninggalan Kesultanan Langkat yang berlokasi di Kelurahan Tanjung Pura, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Pada masa Kesultanan Langkat, masjid ini digunakan sebagai pengadilan dan masjid istana.

Baca Juga: Korupsi Dana Hibah Masjid Sriwijaya, Mantan Gubernur Sumsel Alex Noerdin Jadi Tersangka

Bangunan masjid terletak di pinggir jalan raya dan berjarak 500 meter dari bekas istana Sultan Deli dan Gedung Pancasila yang digunakan sebagai pengadilan Kesultanan Langkat di masa lalu. Bagian selatan dari masjid menjadi lokasi makam Sultan Deli dan keluarganya. Di sebelah utara, barat, dan timur berbatasan dengan rumah penduduk.

Pekerja sedang memperbaiki atap Masjid Azizi (RADEN ARMAND/view.id)

Luas bangunan Masjid Azizi adalah 3.000 meter persegi. Masjid Azizi memiliki dua pagar besi setinggi 1 meter yang memagari seluruh halaman masjid dan memagari halaman bangunan masjid. Di bagian utara pada pagar pertama terdapat dua buah pintu yang menuju ke bangunan masjid melalui jalan besar yang memanjang sampai ke sisi selatan di depan masjid dan ke sisi barat. Di halaman ini berdiri masjid dan menara, makam keluarga kesultanan Langkat, dan makam Tengku Amir Hamzah. Makam sultan dan keluarganya berada di dalam pagar kedua, sedangkan makam yang lain ada di luarnya.

(RADEN ARMAND/view.id)

Masjid ini terletak di tepi jalan lintas Sumatra yang menghubungkan Medan dengan Banda Aceh. Mulai dibangun oleh Sultan Langkat Haji Musa pada tahun 1899, selesai dan diresmikan oleh putranya, Sultan Abdul Aziz Djalil Rachmat Syah pada tanggal 13 Juni 1902. Keindahan Masjid Azizi ini kemudian dijadikan rujukan pembangunan Masjid Zahir di Kedah, Malaysia, hingga kedua masjid tersebut memiliki kemiripan satu dengan yang lain.***

 

Halaman:

Editor: Mauliana Noor

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Delapan Negara yang Sudah Bebas dari Covid 19

Rabu, 23 Februari 2022 | 18:59 WIB

Terpopuler

X