• Senin, 18 Oktober 2021

Persiapan Umroh, Benarkah Jamaah Haji Indonesia Diwajibkan Karantina Minimal 5 Hari?

- Senin, 11 Oktober 2021 | 12:33 WIB
Ilustrasi jemaah haji
Ilustrasi jemaah haji

VIEWS, JAKARTA - Info sebelumnya menyebutkan bahwa Kerajaan Arab Saudi telah memberi lampu hijau untuk jamaah umroh Indonesia. Wacananya, akan wajib karantina minimal 5 hari.Hal tersebut disampaikan lewat Press Briefing Menlu RI, Retno Marsudi, yang diunggah di situs Kemlu, Sabtu, 9 Oktober 2021. Retno mengatakan pihaknya telah menerima nota diplomatik dari Kedubes Arab Saudi di Jakarta soal pembukaan pelaksanaan umroh bagi jemaah asal RI di tengah pandemi Corona.

Dia mengatakan nota diplomatik itu berisi pihak Saudi dan RI terus berupaya membahas teknis masuknya jemaah umroh dari RI. Ada pertimbangan masa karantina selama 5 hari bagi jemaah umroh. "Nota diplomatik juga menyebutkan mempertimbangkan untuk menetapkan masa periode karantina selama 5 hari bagi para jamaah umroh yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan," sambung Retno.

Baca Juga: Diplomasi Pemerintah Indonesia agar Vaksin Sinovac Bisa Diakui di Inggris"Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umroh bagi jamaah umroh Indonesia. Komite khusus di Kerajaan Saudi Arabia sedang bekerja saat ini guna meminimalisir segala hambatan yang menghalangi kemungkinan tidak dapatnya jamaah umroh Indonesia untuk melakukan ibadah umroh," ucap Retno.

Baca Juga: Pacu Jawi Sumatera Barat Buat Belajar Kerukunan Antara Pemimpin dan Rakyat Biasa"Kedua pihak dalam tahap akhir pembahasan mengenai pertukaran link teknis dengan Indonesia yang menjelaskan informasi para pengunjung berkaitan dengan vaksin dan akan memfasilitasi proses masuknya jemaah," tambahnya.

 

Kemlu  terus berkoordinasi dengan Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan dan pihak terkait di Saudi agar jemaah asal RI segera bisa umroh. Dia mengatakan koordinasi itu dilakukan langsung oleh dirinya.

Adapun kabar terakhir seputar pembukaan kembali umrah oleh Kerajaan Arab Saudi juga disambut baik oleh banyak pihak terkait seperti Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) dan lainnya.

Editor: Maulina Siregar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada! Kasus Covid 19 di Singapura Meroket

Jumat, 15 Oktober 2021 | 11:06 WIB

Terpopuler

X