• Sabtu, 10 Desember 2022

Melawan Kanker, Istri ke-9 Soekarno Heldy Djafar Asal Tenggarong Kalimantan Timur Meninggal Dunia

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 09:57 WIB
Heldy Djafar  (net)
Heldy Djafar (net)

VIEWS, JAKARTA - Innalillahi wainnaillaihi rojiun, Istri ke-9 Presiden ke-1 Republik Indonesia Soekarno tutup usia. Heldy Djafar meniggal pada Senin 11 Oktober 2021.

Heldy meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker stadium empat yang diidapnya dan gagal ginjal. Sebelumnya, Heldy menjalani perawatan di RSCm Jakarta Pusat.

Heldy Djafar (11 Juni 1947 – 10 Oktober 2021)[1] adalah istri kesembilan Soekarno, presiden pertama Republik Indonesia. Heldy Djafar lahir dari pasangan H Djafar dan Hj Hamiah. Ia bungsu dari sembilan bersaudara. Ia menikah dengan Soekarno pada tahun 1966. Kala itu Soekarno berusia 65 tahun sementara Heldy Djafar berusia 18 tahun. Saksinya Ketua DPA Idham Chalid dan Menteri Agama Saifuddin Zuhri.

Baca Juga: Sekilas Sejarah Rumah Dahor Balikpapan, Dibangun Belanda Tahun 1900

(net)

Pernikahan keduanya hanya bertahan dua tahun. Kala itu situasi politik sudah semakin tidak menentu. Komunikasi tak berjalan lancar setelah Soekarno menjadi tahanan di Wisma Yaso, Jalan Gatot Subroto. Heldy sempat mengucap ingin berpisah, tetapi Soekarno bertahan. Soekarno hanya ingin dipisahkan oleh maut.

Baca Juga: Sejarah Curug Koneng yang Mistis, Tempat Ditemukannya Pendaki Remaja yang Hilang Selama 5 Hari

Akhirnya, pada tanggal 19 Juni 1968, Heldy yang berusia 21 tahun menikah lagi dengan Gusti Suriansyah Noor, keturunan dari Kerajaan Banjar. Kala itu Heldy yang sedang hamil tua mendapat kabar Soekarno wafat. Soekarno tutup usia pada tanggal 21 Juni 1970, dalam usia 69 tahun. Belakangan, satu dari enam orang anaknya, Maya Firanti Noor, menikah dengan Ari Sigit, cucu Presiden RI Soeharto.***

 

Halaman:

Editor: Mauliana Noor

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Delapan Negara yang Sudah Bebas dari Covid 19

Rabu, 23 Februari 2022 | 18:59 WIB

Terpopuler

X