• Selasa, 4 Oktober 2022

Kala Soekarno Menikahi Heldy Djafar yang Berusia 18 Tahun

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 10:19 WIB
 (net)
(net)

VIEWS, JAKARTA - Heldy Djafar saat dinikahi Soekarno atau akrab disapa Bung Karno baru berusia 18 tahun. Wanita asal Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur ini baru lulus dari sekolah.

Pernikahan keduanya pun tidak berlangsung lama hanya dua tahun. Bahkan, komunikasi keduanya tidak berjalan lancar setelah Soekarno menjadi tahanan di Wisma Yaso, Jalan Gatot Subroto. Hal itu terjadi saat kekuasaan Bung Karno mulai mengalami senjakala, setelah pasca pecahnya peristiwa G30S PKI.

Heldy adalah istri ke-9 Presiden pertama Soekarno yang tutp usia di Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo (RSCM) Jakarta sekira pukul 10.00 WIB.

Baca Juga: Melawan Kanker, Istri ke-9 Soekarno Heldy Djafar Asal Tenggarong Kalimantan Timur Meninggal Dunia

Heldy lahir di Tenggarong, Kutai Kartanegara provinsi Borneo. Di mana sosok perempuan ini kelahiran 11 Juni 1947.

Dari catatan sejarah dan berbagai sumber yang diperoleh views.id pada Selasa 12 Oktober, Bung Karno memiliki 9 orang istri. Yakni, Siti Oetari, Inggit Ginarsih, Fatmawati, Hartini, Ratna Sari Dewi Soekarno, Haryati, Yurike Sanger, Kartini Manoppo dan Heldy Djafar.

Saat Soekarno berusia 65 tahun, Bung Karno kembali menikah. Soekarno menikahi sosok perempuan asal Kutainegara, Kalimatan Timur. Heldy Djafar, namanya. Keduanya menikah pada tahun 1966.

Heldy merupakan anak dari pasangan suami istri (Pasutri) H Djafar dan Hj Hamiah. Di mana sosok perempuan ini adalah anak bungsu dari sembilan bersaudara.

Baca Juga: Intip Sejarah dan Amalan Tahun Baru Islam 2021

Halaman:

Editor: Mauliana Noor

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Delapan Negara yang Sudah Bebas dari Covid 19

Rabu, 23 Februari 2022 | 18:59 WIB

Terpopuler

X