• Kamis, 7 Juli 2022

Varian Omicron Sudah Ada di Indonesia, Ini Jenis Masker yang Harus Dihindari

- Jumat, 17 Desember 2021 | 11:35 WIB
Studi mereka menunjukkan masker buff yang kerap dipakai pengendara motor adalah jenis masker yang paling tak efektif untuk menangkal varian Omicron (Crossing Broad Store)
Studi mereka menunjukkan masker buff yang kerap dipakai pengendara motor adalah jenis masker yang paling tak efektif untuk menangkal varian Omicron (Crossing Broad Store)

VIEWS, JAKARTA - Sebagai bentuk upaya pencegahan penyebaran varian Omicron di Indonesia, masyarakat tetap harus waspada dan mematuhi protokol kesehatan khususnya dalam penggunaan masker. Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), FISR, FAPSR, menyarankan masker yang masih efektif menangkal virus Corona.

Jenis masker seperti N95 yang harus digunakan para petugas medis dan masker double (masker bedah ditambah masker kain) untuk penggunaan sehari-hari.
Lantas,  jenis masker apa yang dianjurkan sebagai upaya pencegahan terinfeksi varian Omicron?

University of Duke melakukan analisis seberapa efektif 14 jenis masker melindungi diri dari paparan COVID-19. Studi mereka menunjukkan masker buff yang kerap dipakai pengendara motor adalah jenis masker yang paling tak efektif, lantaran tak bisa menahan droplet ketika berbicara.

"Kami menghubungkan ini dengan...tekstil memecah partikel-partikel besar menjadi banyak partikel kecil," kata dr Martin Fischer, ahli kimia, fisikawan dan penulis studi, dikutip dari CNBC.

Para ahli menyebut memakai masker buff bisa lebih berisiko tinggi menularkan COVID-19 karena lebih banyak droplet yang tak tersaring. Bahkan, bahan masker buff disebut dapat memecah droplet menjadi partikel lebih kecil.

 

Editor: Mauliana Noor

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Delapan Negara yang Sudah Bebas dari Covid 19

Rabu, 23 Februari 2022 | 18:59 WIB

Terpopuler

X