• Sabtu, 10 Desember 2022

Kasus Omicron Tinggi, Warga Yogyakarta Diimbau Tidak ke Luar Negeri

- Kamis, 20 Januari 2022 | 15:30 WIB
Ilustrasi, Pemerintah Indonesia memprediksi terjadi puncak kasus Covid 19 Omicron pada Februari sampai Maret (pexels-photo-3936358-Miguel A padrinan)
Ilustrasi, Pemerintah Indonesia memprediksi terjadi puncak kasus Covid 19 Omicron pada Februari sampai Maret (pexels-photo-3936358-Miguel A padrinan)

 

VIEWS, YOGYAKARTA - Kasus varian Omicron tengah menjadi perhatian serius di sejumlah wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyusul pemeriksaan belasan sampel dari kasus baru yang ditemukan di sejumlah kabupaten/kota dua pekan terakhir.

Sampel indikasi Omicron terbaru yang kini diteliti berasal dari klaster keluarga Kabupaten Gunungkidul sebanyak 4 sampel. Pemda DIY sebelumnya juga telah mengirimkan 15 sampel indikasi Omicron dari Kabupaten Kulon Progo dan Kota Yogyakarta.

"Sampel yang dikirim ke laboratorium itu dari para pasien positif Covid-19 yang CT value-nya dibawah 30, penularan di keluarga ini memang cepat," ujar Sekretaris DIY Kadarmanta Baskara Aji, Rabu, 19 Januari 2022.

Baca Juga: Covid 19 Varian Omicron Meningkat, PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Sampai 24 Januari

Sampel itu dikirim untuk menjalani pemeriksaan dengan metode whole genome sequencing (WGS) ke laboratorium Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates Kulon Progo dan laboratorium Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM. Penelitian ini untuk memastikan apakah pasien tersebut memang terpapar virus Covid-19 varian baru.

Hingga saat ini, dari sampel-sampel yang diperiksa sementara baru ada satu sampel yang dinyatakan negatif dan sisanya masih menunggu hasil pengujian. "Kami masih menunggu sisa sampel lainnya, apakah ada yang mengarah varian baru," kata Aji.

Untuk mengantisipasi Omicron di DIY, Aji mengimbau masyarakat tidak bepergian ke luar negeri sementara waktu. "Para aparatur sipil negara juga dilarang melakukan perjalanan ke luar negeri kecuali keadaan sangat sangat mendesak," ujarnya.

Baca Juga: Kenali Lima Gejala Omicron Meski Sudah Vaksinasi Covid 19 Lengkap

Halaman:

Editor: Mauliana Noor

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Delapan Negara yang Sudah Bebas dari Covid 19

Rabu, 23 Februari 2022 | 18:59 WIB

Terpopuler

X