• Sabtu, 10 Desember 2022

Mataram DiGoyang Gempa Magnitudo 4,6, Warga Merasa Bergoyang ke Kiri dan Kanan

- Selasa, 25 Januari 2022 | 11:34 WIB
gempa Sulteng, views.id
gempa Sulteng, views.id

 

VIEWS, MATARAM - Gempa berkekuatan Magnitudo 4,6 mengejutkan penduduk di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Gempa terjadi pada Selasa pagi ini, 25 Januari 2022, tepatnya pukul 04.14.14 WIB. Pusat gempa berada di darat, dari kedalaman hanya 10 kilometer.

Mahyam, 65 tahun, warga Kelurahan Dasan Agung, termasuk yang terbangun dari tidurnya gara-gara gempa itu. Bersama anak dan keponakannya, dia segera ke luar dari rumah dan berjaga untuk kemungkinan datangnya gempa susulan. "Saya kaget karena sudah lama tidak mengalami gempa besar," katanya, Selasa 25 Januari 2022. 

Baca Juga: Dampak Gempa Banten, BNPB Rilis 3.078 Unit Rumah Rusak

Pusat gempa di Mataram (Twitter)

Mahyam menceritakan, guncangan gempa diawali dengan deru pelan lalu getarannya terasa menghentak. Sedang seorang warga lainnya, Eka, mengatakan getaran gempanya bukan bergoyang ke kiri-kanan, tetapi turun-naik.

Data dari BMKG, gempa itu berpusat di darat, 10 kilometer arah tenggara Lombok Barat. Guncangan terkuat terukur pada skala IV MMI di Mataram. Gempa pada skala intensitas sebesar itu sudah cukup untuk bisa dirasakan oleh banyak orang di dalam rumah jika terjadi pada siang hari. Getarannya juga membuat pintu dan jendela berderik.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 6,7 Guncang Banten, Getaran Hingga Citayam Buat Warga Panik

Getaran yang lebih lemah terasa di Denpasar, Badung, Padangbai, dan Karangasem di Bali, serta Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, dan Lombok Timur di NTB. Seluruhnya merasakan pada skala III MMI.

Lombok pernah digoyang gempa pada periode 29 Juli – 19 Agustus 2018. Kekuatan gempa awal M 6,4 dan mengakibatkan ratusan rumah rusak dan ratusan penduduk meninggal maupun luka-luka. Sampai hari ini, 25 Januari 2022 masih banyak rumah penduduk yang belum selesai diperbaiki sebab gempa itu.***

Halaman:

Editor: Mauliana Noor

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Delapan Negara yang Sudah Bebas dari Covid 19

Rabu, 23 Februari 2022 | 18:59 WIB

Terpopuler

X