• Sabtu, 10 Desember 2022

Inilah Profile Bambang Susantono Kepala Badan Otorita IKN di Kaltim

- Kamis, 10 Maret 2022 | 13:11 WIB
Bambang Susantono Kepala Badan Otorita IKN (net)
Bambang Susantono Kepala Badan Otorita IKN (net)

VIEWS, JAKARTA - Bambang Susantono dijadwalkan akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo hari ini, Kamis 10 Maret 2022. Jadwal tersebut dipastikan setelah Bambang Susantono resmi dipilih oleh presiden sebagai Kepala Badan Otorita IKN. "Benar, (Dilantik) besok," ujar sumber Kompas.com dari kalangan kementerian yang dikonfirmasi pada Rabu, 3 Maret 2022.

Sebelumnya, sumber pun membenarkan bahwa hingga saat-saat terakhir pemilihan belum ada nama lain selain Bambang Susantono.

Beberapa waktu lalu, nama Bambang Susantono memang disebut-sebut sebagai calon kuat Kepala Badan Otorita IKN pilihan Jokowi. Namun, namanya muncul paling akhir setelah sejumlah nama lain disebut-sebut sebagai kandidat untuk jabatan yang sama. Antara lain, Komisaris Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Mantan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dan Direktur Utama PT Wijaya Karya Tumiyana.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Kriteria Kepala Otoritas di Ibu Kota Negara Nusantara

Jauh sebelumnya, Presiden Joko Widodo sempat mengatakan bahwa dia menginginkan kandidat kepala Badan Otorita IKN dijabat oleh seseorang dari kalangan non-partai politik. "Non-partai. Kriterianya, orang itu bukan berasal dari partai politik. Mungkin minggu depan akan kita lantik," kata Jokowi usai peresmian Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrat, Nasdem Tower pada 22 Februari lalu.

Profil Bambang Susantono

Bambang Susantono adalah alumni dari Fakultas Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) 1987. Bambang Susantono melanjutkan program pascasarjana di Universitas California, Berkeley untuk gelar master tata kota dan wilayah dan lulus pada 1996.

Pada 1998, Bambang Susantono meraih gelar MSCE di bidang teknik transportasi di universitas yang sama. Kemudian pendidikan doktoralnya diselesaikan pada tahun 2000 dengan meraih gelar doktor di bidang perencanaan infrastruktur dari Universital California, Berkeley.

Setelah itu, Bambang Susantono dikenal sebagai pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi. Bambang Susantono juga pernah menjabat sebagai Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah periode 2007-2010.

Halaman:

Editor: Mauliana Noor

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Delapan Negara yang Sudah Bebas dari Covid 19

Rabu, 23 Februari 2022 | 18:59 WIB

Terpopuler

X