• Jumat, 20 Mei 2022

Wow, Orang Kaya Rusia Simpan Banyak Dana di Bank Swiss

- Jumat, 18 Maret 2022 | 10:25 WIB
Ilustrasi maling uang rakyat (cootonbro, pexels)
Ilustrasi maling uang rakyat (cootonbro, pexels)

VIEWS, JAKARTA - Asosiasi Bankir Swiss (SBA) memperkirakan bahwa bank di negara tersebut menyimpan hingga US$213 miliar atau Rp3.000 triliun milik orang-orang kaya Rusia.

Seperti dilansir Reuters, Kamis 17 Maret 2022, ini menunjukkan bahwa tingkat bisnis orang kaya Rusia dengan bank-bank di Swiss—pusat kekayaan luar negeri terbesar di dunia— jauh lebih besar daripada neraca yang dilaporkan beberapa perusahaan keuangan.

Pengungkapan SBA jarang terjadi di Swiss, yang telah menutup banyak permintaan transparansi sebelumnya. Laporan ini merupakan langkah tidak biasa setelah Uni Eropa menerapkan sanksi bagi dana-dana Rusia pasca-invasi ke Ukraina bulan lalu.

Ada perdebatan publik di Swiss agar negara itu untuk menahan setiap uang tunai milik orang kaya Rusia yang dekat dengan Presiden Vladimir Putin dan pemerintahannya.

Baca Juga: Intip Kehidupan Pribadi Presiden Rusia Vladimir Putin, Menikah dengan Pramugari Lalu Bercerai


"Sebagian dana milik oligarki yang setia kepada Kremlin. Uang dan aktivitas mereka membantu membiayai perang," kata Mattea Meyer, Wakil Presiden Partai Sosial Demokrat, seraya menambahkan bahwa Swiss "harus melakukan segala yang mungkin untuk mematikan keran uang Putin.”

Kementerian ekonomi Swiss mengatakan bahwa mereka tidak memiliki perkiraan pasti atas aset Rusia yang dibekukan, karena masih menghitung laporan dari bank-bank yang menghadapi daftar sanksi Swiss yang terus bertambah.

Baca Juga: Jika Rusia Invansi Ukraina, Presiden Amerika Serikat Joe Biden Ancam Tutup Jalur Pipa Gas ke Jerman

Terlepas dari perkiraan penghitungan Rusia, SBA menekankan bahwa jumlah ini kecil dibandingkan dengan keseluruhan aset yang dimiliki di Swiss. Negara ini telah dianggap oleh generasi orang kaya dari seluruh dunia sebagai tempat yang aman untuk uang mereka.

Halaman:

Editor: Silfa Utami

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Delapan Negara yang Sudah Bebas dari Covid 19

Rabu, 23 Februari 2022 | 18:59 WIB

Terpopuler

X